Latar Belakang
Telaah kurikulum diperlukan untuk menangani permasalahan banjir. Pembelajaran yang berkaitan dengan pembuatan biopori untuk mencegah banjir ada di kelas lima. Berdasarkan masalah banjir yang kadang terjadi di kota sukabumi dan telaah kurikulum pendidikan maka SDN Lamping 3 berinovasi “Pembelajaran berbasis PORI (Projek membuat biopori) untuk mencegah banjir”.
Tujuan :
Tujuan dari Inovasi Pembelajaran berbasis PORI (Projek membuat biopori) adalah sebagai berikut:
a. Mendesain pembelajaran yang dapat mengatasi masalah banjir secara nyata. Pembelajaran berbasis projek membuat biopori menghasilkan produk yang nyata, alat untuk menambah resapan air sehingga mencegah banjir.
b. Mendesain pembelajaran yang menyenangkan untuk siswa. Pembelajaran projek yang sifatnya praktek membuat siswa senang dalam mengikuti proses pembelajaran.
c. Mendesain pembelajaran yang membuat siswa melestarikan air. Air merupakan benda yang sangat penting untuk kehidupan yang kadang menjadi bencana jika tidak bisa mengendalikannya.
Kesesuaian Dengan Kategori :
Inovasi pembelajaran berbasis PORI (Projek membuat biopori) termasuk dalam kategori pendidikan yang bertujuan mendukung pencapai misi kedua bapak walikota sukabumi yaitu “MEWUJUDKAN TATA RUANG DAN INFRASTRUKTUR YANG BERKUALITAS DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN”.
Inovasi Pembelajaran berbasis PORI (Projek membuat biopori) adalah inovasi bidang pendidikan yang dikembangkan untuk menambah serapan air sehingga dapat mengurangi banjir yang kadang terjadi di kota sukabumi. Harapannya dapat mewujudkan tata ruang dan infrastruktur berwawasan lingkungan di satuan pendidikan dasar SDN Lamping 3.
Sisi Kebaruan atau Nilai Tambah Inovasi :
Inovasi pembelajaran berbasis (PORI) Projek membuat biopori, membuat perubahan tata kelola air di SDN Lamping 3. Dulu air semuanya mengalir ke selokan sekitar lamping yang pada akhirnya bermuara ke sungai cimandiri sehingga meyebabkan genangan air yang kadang menimbulkan banjir. Sejak tahun 2022, air hujan yang ada di SDN lamping 3 sebagian terserap ke dalam tanah sehingga mengurangi debit air yang mengalir ke selokan atau sungai. Siswa menjadi lebih peduli terhadap pengendalian air dan tahu bahwa biopori dapat mengurangi banjir.
Tujuan inovasi daerah
Tujuan umum
Mewujukan tata ruang yang berwawasan lingkungan di kota Sukabumi. Biopori dapat mengurangi debit air yang mengalir ke selokan dan sungai sehingga mencegah banjir.
Tujuan Khusus
a. Mendesain pembelajaran yang dapat mengatasi masalah banjir secara nyata. Pembelajaran berbasis projek membuat biopori menghasilkan produk yang nyata, alat untuk menambah resapan air sehingga mencegah banjir.
b. Mendesain pembelajaran yang menyenangkan untuk siswa. Pembelajaran projek yang sifatnya praktek membuat siswa senang dalam mengikuti proses pembelajaran.
c. Mendesain pembelajaran yang membuat siswa melestarikan air. Air merupakan benda yang sangat penting untuk kehidupan yang kadang menjadi bencana jika tidak bisa mengendalikannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Berikanlah tanggapan pada kami dan kami sangat menunggu kritik dan saran dari anda supaya kami lebih giat berusaha dan bekerja keras untuk memajukan pendidikan di sekolah kami